Article Detail


Peer Learning Bersama Kepala Jenjang SD Tarakanita Wilayah Jakarta

Pada hari Kamis, 8 Mei 2025, beberapa guru dari SD Tarakanita 4 mengikuti kegiatan Peer Learning yang diselenggarakan secara internal sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pembelajaran di lingkungan sekolah. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Ibu Emeliana Makaria Tarigan, yang menjabat sebagai Kepala Jenjang SD Tarakanita Wilayah Jakarta.

Dengan mengangkat tema “Mengintegrasikan Teori Kognitif Piaget dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran di SD Tarakanita,” sesi peer learning ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana tahapan perkembangan kognitif anak menurut Jean Piaget dapat diterapkan secara konkret dalam proses belajar mengajar di sekolah dasar.

Ibu Emeliana memaparkan secara rinci empat tahap perkembangan kognitif Piaget: sensori-motorik, praoperasional, operasional konkret, dan operasional formal. Fokus utama dalam sesi ini adalah pada tahap operasional konkret, yang sesuai dengan usia siswa SD. Para guru diajak untuk memahami karakteristik belajar anak pada tahap ini, seperti pentingnya penggunaan benda konkret, visualisasi, eksplorasi, serta pembelajaran berbasis pengalaman langsung.

Selain pemaparan teori, sesi ini juga dilengkapi dengan diskusi kelompok, studi kasus, dan berbagi praktik baik antar guru. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, karena mereka mendapatkan wawasan baru dan strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan perkembangan peserta didik.

Peer Learning ini menjadi wadah refleksi bersama, sekaligus mempererat kolaborasi antarpendidik di lingkungan Tarakanita. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan guru-guru SD Tarakanita dapat terus meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpihak pada perkembangan dan karakteristik peserta didik.

Terima kasih kepada Ibu Emeliana Makaria Tarigan atas ilmu dan inspirasinya, serta kepada seluruh guru yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment