Article Detail

SD TARAKANITA 4 - Hari Studi Guru “Pembelajaran Berdiferensiasi”

SD TARAKANITA 4 - Hari Studi Guru “Pembelajaran Berdiferensiasi”

 

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang bernilai penting dalam memajukan kecerdasan anak bangsa. Setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga memerlukan adanya strategi efektif dalam menangani hal tersebut. Adanya pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi salah satu strategi yang tepat dalam menangani keberagaman anak di sekolah. Pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu pendekatan dimana guru secara aktif membedakan metode, sumber daya, dan penilaian yang digunakan dalam pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan individual setiap murid (Purwani, 2024).

 

Pada hari Sabtu, 21 September 2024 SD Tarakanita 4 mengadakan Hari Studi Guru dengan pemabahasan mengenai “PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI” kegiatan dimulai pukul 13.00 WIB dengan narasumber Rawit Sartika, S.Pd., MM., M.I.Kom salah satu Fasilitator Sekolah Penggerak.

 

Seminar ini bertujuan agar guru dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan menyesuaikan karakteristik peserta didik. Perlunya menyesuaikan esensi tujuan serta karakteristik peserta didik dalam merancang kegiatan pembelajaran berdiferensiasi agar menjadi efektif saat diterapkan. Kegiatan ini juga harus selaras dengan rancangan, proses, dan produk yang dihasilkan dalam pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi juga bukanlah sekedar konsep pendidikan, tetapi merupakan kunci untuk menciptakan kelas menyenangkan dan bermakna bagi setiap siswa.

 

Setelah pembahasan materi mengenai pembelajaran berdiferensiasi, kegiatan dilanjutkan dengan melihat pameran hasil karya peserta didik kelas 1 hingga 6 SD yang sudah disiapkan oleh wali kelas masing-masing. Setiap sudut aula telah disiapkan meja beserta hasil karya terbaik dari masing-masing anak setiap kelas. Salah satu guru dalam pararel bertugas menjelaskan langkah-langkah pembuatan hasil karya kepada narasumber. 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment