Article Detail

Workshop Literasi Guru Sekolah Tarakanita Jakarta

Depoedu.com-Dalam rangka mengimplementasikan Fokus Program Kerja tentang Implementasi Kurikulum Merdeka yang memberikan penekanan pada ketercapaian kompetensi literasi dan numerasi, Tarakanita Learning Center mengadakan Workshop Literasi dan Numerasi untuk para Guru Sekolah Tarakanita Jakarta.

Workshop dilaksanakan pada tanggal 7-8 Agustus 2023 untuk guru-guru jenjang KB-TK dan SD dan tanggal 14-15 Agustus 2023 untuk guru-guru jenjang SMP dan SMA/SMK di Komplek Sekolah Tarakanita Pluit Jakarta.

Hadir dalan kesempatan workshop tersebut, dua pembicara yang kompeten dan ahli di bidangnya yakni DR. Nancy Susianna, M.Pd dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan SURYa dan DR. Sulartinah, M.Pd Pengawas Sekolah Jakarta Selatan.

Tujuan workshop ini adalah untuk  membangun budaya atau kultur belajar di sekolah dengan memfasilitasi peserta didik agar memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam pembelajaran literasi dan numerasi.

Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan dan kecakapan para guru sebagai fasilitator pembelajaran untuk memahami dan sekaligus terampil dalam merancang, mengelola, dan memfasilitasi pembelajaran.

Kepala Tarakanita Learning Center (TLC) Yayasan Tarakanita Bp. Aris Singgih Sunarya menjelaskan bahwa kemampuan literasi peserta didik di Indonesia pada umumnya masih kurang berkembang.

Hal ini di antaranya disebabkan karena peserta didik dan guru kurang menjadikan “membaca” sebagai kebiasaan, sehingga dalam memecahkan masalah numerasi, peserta didik tidak mempunyai informasi yang lengkap.

Selain itu peserta didik juga kurang berpikir kritis dan analitis maupun tidak menggunakan kemampuan daya nalarnya untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, pembelajaran literasi dan numerasi sangat penting bagi peserta didik. Selain itu pembelajaran literasi dan numerasi juga bisa menjadi jawaban dari permasalahan di atas.

Melalui  pembelajaran literasi baca tulis juga diharapkan agar peserta didik selalu dan terbiasa banyak membaca berbagai informasi, berpikir kritis, dan dapat menggunakan kemampuan nalarnya untuk menyelesaikan masalah

Keberhasilan dalam pembelajaran literasi dan numerasi tidak hanya menghantarkan peserta didik pada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tetapi juga memberi warna dan suasana pembelajaran Tarakanita yang khas.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment